Saturday, July 04, 2009

NUTRISI AKAL, JIWA dan RAGA #1

NUTRISI AKAL

  1. Bacaan bermutu untuk menambah wawasan ilmu dien dan mendengarkan kajian-kajian keIslaman. "Bacalah dengan menyebut nama Rabmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dengan segumpal darah. Bacalah dan Rabmulah Yang Paling Pemurah,"(QS. Al 'Alaq: 1-3)
  2. Motivasi-motivasi positif untuk membangun mind power (kekuatan pikiran) dan mempola cara berpikir yang benar dan kreatif. "Dan tetaplah memberi peringatan karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman"(QS.Adz-Dzariyat:55).
  3. Menulis. "Para peneliti dibidang neurologi(ilmu saraf otak), rata-rata mengunggulkan membaca dan menulis dalam merawat dan menjaga otak agar terus berada dalam keadaan bugar dan siap menerima perubahan-perubahan secepat apapun perubahan itu terjadi".(Hernowo).
  4. Berpikir dan menganalisa."Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal."(Ali Imron:190)
  5. Mempelajari hal-hal baru yang bermanfaat, belajar memcahkan masalah dan latihan otak yang lain. "Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaatbagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah. (HR. Bukhari Muslim)
  6. Refreshing. "Setiap amal itu ada masa giatnya dan setiap masa giat ada masa jenuhnya, barangsiapa yang pada masa jenuhnya diisi dengan sunnahku, maka dia beruntung, barangsiapa yang yang mengisi dengan selain sunnahku maka dia celaka." (HR Ahmad)

1 comment:

Terimakasih anda telah berkomentar dengan santun ....

sabily