Monday, June 07, 2010

Asma (Terapi ala Hembing)

Asma adalah penyakit penyempitan saluran pernafasan sementara waktu sehingga menjadi sulit bernafas. Gejala asma ditandai nafas yang berat/sesak nafas disertai nafas berbunyi hingga terjadi kegagalan pernafasan yang membahayakan.
Saat menarik nafas, tekanan dalam dada menurun sehingga udara dapat masuk. Berkurangnya tekanan membantu mempertahankan agar saluran pernafasan tetap terbuka. Saat menghembuskan nafas, tekanan di dalamnya meningkat sehingga mempengaruhi dinding saluran pernafasan dan cabang-cabangnya sehingga menjadi pipih. Keadaan ini menyebabkan saluran pernafasan menjadi sempit sehingga sulit menghembuskan nafas. Hal inilah yang menyebabkan penderita asma mengalami kesulitan saat menghembuskan nafas, yang biasanya juga disertai timbulnya suara.

Penyebab asma :
Asma merupakan salah satu gangguan yang dapat disebabkan oleh faktor genetik atau karena alergi. Serangan dapat terjadi karena penderita menghirup serbuk sari ataupun debu rumah. Akan tetapi, kadang-kadang serangan dapat terjadi tanpa diketahui oleh adanya infeksi pernafasan yang parah.
Hal-hal yang dapat memperburuk serangan asma antara lain : tekanan emosional, kelelahan, bau-bauan, asap rokok, perubahan suhu, kelembaban dan lain-lain.

Pengobatan ala Prof. Hembing :
  • 15 gram bunga kenop segar direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.
  • 30 gram akar putri malu/sikejut direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.
  • Lobak putih secukupnya dijus hingga tertampung 1 mangkok, lalu ditim dan diminum.
  • Irisan jahe setebal 3 mm ditempelkan dengan menggunakan koyo hangat/koyo cabe pada titik dazhui.
  • 15 gram bunga melati direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.
  • 60 gram rumput jukut pendul direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian air rebusannya diminum selagi hangat.
  • 15 gram bunga melati dan 15 gram jahe direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat sebanyak setengah gelas.
Catatan: pilih salah satu resep, lakukan dengan teratur 2 kali sehari

No comments:

Post a Comment

Terimakasih anda telah berkomentar dengan santun ....

sabily