Friday, May 14, 2010

Terapi Herbal untuk Diabetes Mellitus

Penyakit diabetes mellitus banyak diderita oleh orang-orang yang sering makan enak tetapi kurang gerak dan jarang berolah raga.
Gejala awal diabetes ditandai dengan sering buang air kecil, rasa haus, iritasi genital, lensa mata berubah bentuk sehingga penglihatan menjadi kabur untuk sementara waktu dan lain-lain.
Penyebab :
Diabetes Mellitus timbul karena kurangnya hormon insulin yang dihasilkan oleh sekelompok sel beta pada pankreas. Insulin berfungsi mengatur pemakaian gula dalam tubuh. Kurangnya hormon insulin akan mengakibatkan glukosa tidak dapat diubah menjadi tenaga dan tertimbun dalam darah. Jika akdar gula dalam darah sudah terlalu tinggi, ginjal tidak mampu menyaring semua darah sehingga urine mengandung glukosa.

Pengobatan :
  • 1 butir biji avokad disangrai/dikeringkan kemudian dijadikan bubuk. 5 gram biji avokad diseduh dengan 200 cc air kemudian diminum.
  • 4 butir biji rambutan disangrai hingga kering kemudian ditumbuk halus. Setelah itu bubuk biji rambutan direbus dengan air secukupnya, kemudian diminum selagi hangat.
  • 2-3 sendok makan bubuk kedelai diseduh dengan air secukupnya kemudian diminum.
  • 100 gram batang kangkung dan 30 gram rambut jagung direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusannya diminum selagi hangat.
  • 100 gram labu parang/labu kuning dan 100 gram labu bligo/labu tangtua ditim, kemudian dimakan.
  • 10 lembar daun salam dan 30 gram daun ceplukan direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.
  • 60 gram labu parang/labu kuning dan 1 buah pare diiris-iris menurut selera lalu dimasak dengan cara ditumis atau masakan lain sesuai selera, kemudian dimakan.
  • 1 buah avokad, 2 buah apel, 60 gram labu parang/labu kuning dan 50 gram nanas dijus kemudian diminum.
Catatan: pilih salah satu resep diatas, lakukan secara teratur 2 kali sehari
(Sumber: Prof Hembing Wijayakusuma,Penyembuhan dengan Tanaman Obat)

2 comments:

Terimakasih anda telah berkomentar dengan santun ....

sabily