Saturday, June 12, 2010

Hidup Bersih untuk cegah cacingan

Cacing yang hidup di perut kita adalah cacing parasit yang mencuri makanan dari perut kita. Seorang anak yang terinfeksi cacing biasanya akan menderita kurang gizi dan anemia(kurang darah).
Ada beberapa jenis cacing yang bisa hidup diperut kita. Diantaranya trichuris trichuria (cacing cambuk), ascaris lumbricoides (cacing gelang), necator americanus dan ancylostoma duodenale (cacing tambang), serta enterobius vermicularis (cacing kremi).
Cacingan banyak menyerang daerah yang kebersihan lingkungannya kurang bagus akibat perilaku yang kurang sehat. Misalnya gemar buang air di sungai, minum air mentah, tidak mencuci tangan sebelum makan dsb.
Cacingan ditularkan melalui telur yang dikeluarkan bersama tinja penderita. Telur ini bisa mencemari air dan tanah. Telur cacing amat kecil dan tidak rusak meski telah bercampur tanah, debu atau air. Cacingan menular melalui telur cacing yang masuk ke dalam peut kita melalui makanan dan minuman. Dalam peut, telur cacing akan menetas. Setelah itu mereka akan segera menuju usus. Cacing tersebut akan mengaitkan mulutnya ke dinding usus kecil untuk menghisap darah.
Kebiasaan hidup sehat akan mengurangi resiko tertularnya 'cacingan' ini. Misalnya:
  • selalu mencuci tangan dengan sabun setelah selesai bermain , apalagi bermain tanah.
  • mencuci makanan mentah atau buah-buahan dengan air bersih yang mengalir atau mencelupkan dalam air panas.
  • mencuci tangan dengan sabun sebelum makan.
  • hindari jajan di tempat yang kurang bersih, apalagi jika jajanan yang dijual terbuka yang gampang terkena debu dan dihinggapi lalat.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih anda telah berkomentar dengan santun ....

sabily