Thursday, June 24, 2010

Kopi Kurangi Resiko Sakit Jantung ?

ANDA penyuka kopi? Berbahagialah. Sebab, sebuah penelitian baru-baru ini menemukan, kopi bisa mengurangi risiko serangan jantung. Tak hanya itu, satu penelitian lain juga menyimpulkan bahwa minuman berkafein itu dapat melindungi diri dari serangan kanker mulut dan tenggorokan.

Sementara itu para peneliti di Pusat Kesehatan Universitas Utrecht Belanda menemukan bahwa meminum kopi dan teh secara teratur bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung secara signifikan.

Asupan dua minuman ini secara moderat mampu menurunkan peluang kematian akibat penyakit kardioivaskular hingga 20 persen, kata penelitian itu. Selain itu minum kopi dan teh juga tidak meningkatkan risiko penyakit lainnya seperti stroke.

Dr. Yvonne van der Schouw, profesor penyakit kronis di Pusat Kesehatan Universitas Utrecht mengungkapkan, studi melibatkan 37.514 partisipan dan dilakukan selama 13 tahun. Peneliti menemukan, mereka yang minum tiga hingga enam cangkir teh atau kopi memiliki risiko menderita masalah jantung 45 persen lebih rendah disbanding mereka yang minum kopi atau teh kurang dari satu cangkir setiap hari.

Namun, bukan berarti meminum lebih banyak kopi akan membantu. Orang yang minum kopi atau teh lebih dari enam cangkir memiliki risiko terkena jantung sebanyak 36 persen.

Sementara itu para ilmuwan University of Utah mengatakan, orang yang mengkonsumsi kopi empat cangkir atau lebih dalam sehari, memiliki risiko terserang kanker mulut dan tenggorokan 39 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Simpulan itu didasarkan pada hasil analisis terhadap sembilan penelitian yang dikumpulkan konsorsium Epidemiologi Kanker Kepala dan Leher Internasional.
”Sejak kopi banyak dikonsumsi, tingkat kelangsungan hidup yang rendah karena kanker menjadi relatif tinggi. Hasil penelitian kami memiliki implikasi kesehatan masyarakat yang perlu ditangani lebih lanjut,íí kata kepala peneliti Mia Hashibe, asisten profesor di University of Utah.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih anda telah berkomentar dengan santun ....

sabily