Saturday, April 03, 2010

Batuk Rejan + herbal

Batuk rejan atau batuk gonggong biasa menyerang anak-anak di bawah umur dua tahun. batuk ini memiliki ciri khas yaitu batuk-batuk panjang lalu berhenti sebentar kemudia batuk lagi hingga 100 hari sehingga sering disebut batuk 100 hari.
Serangan batuk rejan pada bayi dapat menyebabkan napas terhenti dan wajah kebiruan hingga dapat menimbulkan kematian. Kematian bayi akibat batuk rejan cukup tinggi, oleh sebab itu perlu segera di atasi.
Penyebab:
Batuk rejan disebabkan oleh kuman haemophilus pertusis yang masuk ke hidung yang ditularkan melalui batuk, muntah atau bersin.

Pengobatan :
  • 10 gram bawang putih yang telah dikupas kulitnya, gula pasir secukupnya dan 30 gram pegagan segar direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, kemudian airnya diminum hangat-hangat.
  • 15 gram bunga tahi kotok kering dan gula merah secukupnya direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.
  • 15 gram daun pare ditumbuk halus, garam secukupnya dan 1 buah pir diiris-iris direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat dan bahan-bahannya dapat dimakan.
  • 60 gram kaktus gepeng dikupas, dipotong-potong dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian air rebusannya diminum selagi hangat.
Catatan : pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur 2 kali sehari.
Sumber : Penyembuhan dengan tanaman obat, Prof HM. Hembing Wijayakusuma


1 comment:

  1. Semoga dengan obat diatas dapat meringankan/menyembuhkan para penderita

    ReplyDelete

Terimakasih anda telah berkomentar dengan santun ....

sabily