Tuesday, April 20, 2010

Mentimun dan khasitatnya

Setiap kita makan terutama makan di warung, kita akan dengan mudah mendapatkan mentimun. Kadang untuk lalapan, acar atau dimakan begitu saja seperti buah. Menyegarkan, karena kandungan airnya yang tinggi.

Mentimun (cucumis sativus) adalah tanaman merambat bersulur dahan berbentuk spiral. Tangkai daun panjang, lebar bertaju dengan pangkal berbentuk jantung. Ujung daun runcing, tepi daun bergerigi dan batangnya berbulu halus. Mentimun memiliki 2 jenis bunga, bunga jantan berwarna putih kekuningan dan yang betina berbentuk seperti terompet.
Tanaman mentimun hanya berbuah sekali, setelah dipanen akan mati dan harus diganti dengan yang baru. Mentimun dipanen ketika masih setengah masak, buahnya lonjong. Saat masih muda, buah mentimun berwarna hijau dengan larik2 putih. Setelah tua warnanya kuning kotor. Panjang buahnya 10-30 cm. bijinya banyak, bentuknya lonjong runcing pipih dan berwarna putih kotor.
Asal mentimun darii 6India dan telah dibudidayakan selama 3000 th di Asia Barat. Mentimun dikenalkan ke wilayah Eropa oleh orang-orang Romawi. Catatan budidaya mentimun muncul di Perancis pada abad ke 9, Inggris abad 14 dan Amerika Utara pertengahan abad ke 16.
Mentimun banyak digunakan oleh orang Romawi kuno untuk mengobati gigitan kalajengking dan kompress mata yang lelah. Penduduk Asia minum jus mentimun untuk menyejukkan tubuh pada musim panas.Karena kandungan airnya yang tinggi, maka mentimun memiliki efek mendinginkan.
Kandungan gizi mentimun cukup tinggi. Jenis vitamin dan mineral yang terkandung dalam mentimun antara lain Kalsium (Ca), Fosfor (P), Zat besi (Fe), vitamin A, vitamin C dan vitamin B1. Biji mentimun banyak mengandung vitamin E.


5 comments:

  1. Wahh malia sangat suka mentimun.. segar banget :)
    Ibu juga selalu minum karena dia ada penyakit darah rendah

    ReplyDelete
  2. saya suka mentimun katanya bisa buat nurunin tekanan darah ya pak

    ReplyDelete
  3. terima kasih infonya mas wahyuuu

    mantep

    ReplyDelete
  4. kayanya cocok untukku nih, soalnya baru sembuh dari sakit :D

    ReplyDelete
  5. mentimun enak juga buat rujak hehehe..

    ReplyDelete

Terimakasih anda telah berkomentar dengan santun ....

sabily